REFLEKSI
TOPIK 1:
PENGANTAR PERSPEKTIF SOSIAL, BUDAYA, EKONOMI DAN POLITIK DALAM PENDIDIKAN INDONESIA
oleh : Avizah Bin Hamzah, S.Pd.
- Mulai Dari Diri
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?Sebelum memasuki pembelajaran tentang pengantar perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pendidikan Indonesia, saya awalnya memiliki gambaran umum tentang pentingnya faktor-faktor tersebut dalam pengelolaan pendidikan. Namun, saya belum sepenuhnya menyadari kompleksitas hubungan antara aspek sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam konteks pendidikan di Indonesia. - Eksplorasi Konsep
Apa yang Anda pelajari dari konsep dalam topik 1 ini?Ketika memasuki tahap eksplorasi konsep, pembelajaran membuka wawasan baru bagi saya. Saya belajar bahwa aspek-aspek tersebut tidak hanya mempengaruhi penyelenggaraan pendidikan tetapi juga membentuk identitas pendidikan kita secara keseluruhan. Hal-hal yang telah saya pelajari dari konsep dalam topik 1 ini telah saya tuangkan ke dalam diskusi kelompok. Klik dibawah ini untuk melihat hasil diskusinya!Hasil Diskusi Eksplorasi Konsep - Canva - Ruang Kolaborasi
Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?Ruang kolaborasi menjadi arena di mana saya mendiskusikan ide dan pandangan dengan rekan-rekan. Kolaborasi ini menghasilkan pemahaman yang lebih mendalam karena setiap orang membawa pengalaman dan perspektif unik. Yang saya pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan saya dalam ruang kolaborasi telah dibuat dalam bentuk slide PowerPoint di Canva.Klik dibawah ini!
Hasil Diskusi Ruang Kolaborasi - Canva
- Demonstrasi Kontekstual
Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?Proses demonstrasi kontekstual membuka mata saya terhadap kenyataan di lapangan. Saya melihat bagaimana perubahan dalam dinamika sosial, ekonomi, dan politik langsung mempengaruhi proses pendidikan di Indonesia. Ini membawa pemahaman kontekstual yang mendalam, melampaui teori-teori yang diajarkan di kelas. - Elaborasi Pemahaman
Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?Sekarang, saya lebih memahami kompleksitas dan interkoneksi antara faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran. Saya menyadari bahwa untuk menjadi guru yang efektif, saya perlu memahami konteks peserta didik secara holistik.Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?
Hal baru yang saya pelajari adalah kompleksitas hubungan antara faktor-faktor tersebut dan perluasan pandangan saya tentang pentingnya kontekstualisasi pendidikan.Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?
Saya ingin lebih memahami tentang strategi konkreto dalam mengintegrasikan faktor-faktor ini ke dalam desain pembelajaran yang efektif dan inklusif. - Koneksi Antar Materi
Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?
Berikut peta konsep sebagai bentuk pemahaman saya tentang topik 1 ini."Keterkaitan Topik 1 dengan Mata Kuliah yang telah dipelajari di Semester 1"
"Keterkaitan Topik 1 dengan Topik yang Sedang Dipelajari Saat Ini di Semester 2"
"Keterkaitan Topik 1 dengan Topik yang Selanjutnya Akan Dipelajari di Semester 2" - Aksi Nyata
Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?
Pembelajaran ini membantu saya menyadari pentingnya mempersiapkan diri dengan baik sebagai seorang guru yang responsif dan inklusif.Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?
Saat ini, saya memberi diri saya nilai 7 untuk kesiapan, karena saya merasa ada banyak lagi yang bisa saya pelajari dan terapkan. Saya perlu memperdalam pemahaman saya tentang keberagaman peserta didik dan strategi responsif yang relevan.Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?
Untuk meningkatkan kesiapan, saya perlu terus belajar dan terlibat dalam situasi praktis. Saya perlu untuk mengamati pembelajaran di berbagai konteks, belajar dari pengalaman praktisi, dan mengasah keterampilan manajemen kelas serta pendekatan pedagogis yang responsif.
Komentar
Posting Komentar