Langsung ke konten utama

 

REFLEKSI

TOPIK 4:

"PEMBELAJARAN PADA ZONE OF PROXIMAL DEVELOPMENT (ZPD)"

oleh: Avizah Bin Hamzah, S.Pd.

1. Mulai Dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Sebelum memulai proses pembelajaran tentang ZPD, saya menganggap bahwa topik ini sangat penting karena melibatkan pemahaman tentang tingkat perkembangan siswa dan bagaimana guru dapat mengarahkan mereka ke tingkat pemahaman yang lebih tinggi. Saya juga berpikir bahwa ZPD memberikan kerangka kerja yang berguna bagi pendidik untuk merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan individu siswa.

2. Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep dalam topik 2 ini?

Dari konsep dalam topik ini, saya mempelajari bahwa ZPD mengacu pada rentang di mana siswa dapat belajar dengan bantuan dan dukungan, baik dari guru maupun sesama siswa. Saya juga memahami bahwa ZPD tidak hanya mencakup apa yang siswa sudah bisa lakukan sendiri, tetapi juga apa yang mereka mampu lakukan dengan bantuan yang tepat. Konsep ini menekankan pentingnya penyediaan tantangan yang sesuai dengan tingkat pemahaman siswa untuk memaksimalkan pembelajaran mereka.

        Pada bagian eksplorasi konsep, saya juga telah menjawab beberapa pertanyaan refleksi. Lihat disini -> Avizah Bin Hamzah - Eksplorasi Konsep Topik 4 PSDPI

        3. Ruang Kolaborasi

        Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

        Yang saya pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan saya dalam ruang kolaborasi adalah berbagi hasil refleksi dan menyelesaikan tugas yang terdiri dari 4 pertanyaan yang membahas pandangan tentang pembelajaran pada ZPD yang mempengaruhi proses pendidikan serta pembelajaran dan membahas tentang kesiapan mengajar dengan memperhatikan pembelajaran pada ZPD pada peserta didik. Hasil kolaborasi ini yang nantinya jika ada kesempatan akan dipresentasikan di sesi demonstrasi kontekstual. Hasil kolaborasi dapat dilihat disini -> Ruang Kolaborasi Topik 4 PSDPI - Kelompok 5

        4. Demonstrasi Kontekstual

        Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan dan diri sendiri)?

        Melalui proses demonstrasi kontekstual, saya mendapatkan pengalaman berharga dalam kolaborasi tim dan penerapan konsep dalam situasi nyata. Saya dan rekan-rekan bekerja sama dalam menyelesaikan tugas yang terdiri dari empat pertanyaan, dan kami mengubahnya menjadi presentasi audio visual untuk lebih memperdalam pemahaman materi sambil mengembangkan keterampilan komunikasi dan kreativitas. Dengan membagi tugas dan mendengarkan kontribusi dari setiap anggota, kami belajar untuk menghargai keragaman pandangan serta memperkaya gagasan satu sama lain. Selain itu, proses ini memperkuat pemahaman konsep-konsep yang telah dipelajari dengan menerapkannya dalam konteks praktis, memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang topik ini. Hasil kegiatan demonstrasi kontekstual dapat dilihat disini -> 

        5. Elaborasi Pemahaman

        Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

        Sejauh ini, saya telah memahami bahwa pembelajaran pada zona perkembangan proximal (ZPD) adalah konsep yang dikemukakan oleh Lev Vygotsky yang mengacu pada kesenjangan antara apa yang seorang siswa dapat lakukan secara mandiri dan apa yang dapat mereka lakukan dengan bantuan dari orang lain, khususnya seorang guru atau teman sebaya.

        Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?

        Hal baru yang saya pahami adalah betapa pentingnya peran guru dalam membantu siswa mencapai potensi maksimal mereka dengan memberikan bimbingan yang sesuai dengan tingkat kemampuan mereka.

        Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

        Saya ingin mempelajari lebih lanjut tentang strategi dan teknik yang efektif dalam menerapkan konsep ZPD dalam praktik pembelajaran, serta bagaimana mengidentifikasi ZPD siswa secara akurat.

        6. Koneksi Antar Materi

        Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

        Pada bagian koneksi antar materi, saya telah berusaha mengkoneksikan topik 4 ini dengan mata kuliah yang telah dipelajari, topik yang sedang dipelajari dan topik yang akan dipelajari dari mata kuliah lain. Berikut uraian peta konsep sebagai bentuk pemahaman saya.



        7. Aksi Nyata

        Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

        Manfaat pembelajaran pada ZPD bagi kesiapan saya sebagai guru adalah memungkinkan saya untuk memahami tingkat perkembangan individu siswa secara lebih mendalam, sehingga saya dapat merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

        Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

        Saya menilai kesiapan saya saat ini sekitar 7. Alasannya, karena saya sudah memiliki pemahaman awal tentang konsep ZPD dan telah melakukan beberapa praktik aplikatif dalam pembelajaran, tetapi saya masih perlu memperdalam pemahaman dan mengasah keterampilan praktis dalam menerapkannya.

        Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?
        Untuk menerapkannya dengan optimal, saya perlu lebih banyak menggali informasi dan studi kasus tentang penggunaan ZPD dalam pembelajaran, berlatih merancang kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan ZPD, dan terus meningkatkan keterampilan dalam mengamati dan mengevaluasi kemajuan siswa.

        Komentar

        Postingan populer dari blog ini

        REFLEKSI  TOPIK 1:  PENGANTAR PERSPEKTIF SOSIAL, BUDAYA, EKONOMI DAN POLITIK DALAM PENDIDIKAN INDONESIA oleh : Avizah Bin Hamzah, S.Pd. Mulai Dari Diri Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran? Sebelum memasuki pembelajaran tentang pengantar perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pendidikan Indonesia, saya awalnya memiliki gambaran umum tentang pentingnya faktor-faktor tersebut dalam pengelolaan pendidikan. Namun, saya belum sepenuhnya menyadari kompleksitas hubungan antara aspek sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam konteks pendidikan di Indonesia. Eksplorasi Konsep Apa yang Anda pelajari dari konsep dalam topik 1 ini? Ketika memasuki tahap eksplorasi konsep, pembelajaran membuka wawasan baru bagi saya. Saya belajar bahwa aspek-aspek tersebut tidak hanya mempengaruhi penyelenggaraan pendidikan tetapi juga membentuk identitas pendidikan kita secara keseluruhan. Hal-hal yang telah saya pelajari dari konsep dalam topik 1 in...
         REFLEKSI TOPIK 2: "KONSEP DASAR PERSPEKTIF SOSIO KULTURAL DALAM PENDIDIKAN" oleh: Avizah Bin Hamzah, S.Pd. 1. Mulai Dari Diri Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran? Sebelum memulai proses pembelajaran tentang "Konsep Dasar Perspektif Sosio-Kultural dalam Pendidikan," saya mengharapkan topik ini akan membahas bagaimana faktor-faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik memengaruhi proses pendidikan. Saya berpikir bahwa topik ini akan memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana konteks sosio-kultural memainkan peran penting dalam membentuk pengalaman belajar siswa, serta bagaimana guru dapat merespons keberagaman budaya di dalam kelas.  Overall, saya berharap topik ini akan membantu saya memahami lebih baik kompleksitas dan dinamika dalam pendidikan yang tercermin dari perspektif sosio-kultural. 2. Eksplorasi Konsep Apa yang Anda pelajari dari konsep dalam topik 2 ini? Saya telah mendapatkan wawasan baru dari topik 2 ini,...