REFLEKSI
TOPIK 5:
"PENDEKATAN, STRATEGI, METODE DAN TEKNIK PEMBELAJARAN YANG DITERAPKAN SEBAGAI SCAFFOLDING PADA ZPD"
oleh: Avizah Bin Hamzah, S.Pd.
1. Mulai Dari Diri
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Sebelum memulai proses pembelajaran tentang pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD, saya memikirkan beberapa hal. Pertama, saya mempertimbangkan betapa pentingnya pendekatan yang tepat dalam mendukung perkembangan siswa, terutama dalam konteks Zona Proximal Development (ZPD). Saya juga memikirkan bagaimana menerapkan pendekatan tersebut secara efektif dalam praktek pembelajaran sehari-hari, serta tantangan yang mungkin timbul dalam mengidentifikasi dan mengelola ZPD masing-masing siswa. Selain itu, saya juga mempertimbangkan bagaimana penggunaan strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang tepat dapat membantu memfasilitasi pembelajaran siswa di tingkat ZPD mereka. Semua pertimbangan ini dapat membantu saya merencanakan dan mengelola pembelajaran dengan lebih efektif.
2. Eksplorasi Konsep
Apa yang Anda pelajari dari konsep dalam topik 2 ini?
Dari konsep tentang pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD, saya belajar bahwa pendekatan pembelajaran yang memperhatikan tingkat kemampuan dan kesiapan siswa sangat penting untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Scaffolding memungkinkan guru untuk memberikan dukungan yang sesuai dengan ZPD siswa, membantu mereka memperluas pemahaman dan keterampilan mereka secara bertahap. Selain itu, konsep ini juga menekankan pentingnya penggunaan beragam strategi dan teknik pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu siswa. Dengan demikian, siswa dapat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dan mencapai potensi maksimal mereka.
3. Ruang Kolaborasi
Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Yang saya pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan saya dalam ruang kolaborasi adalah berbagi hasil refleksi dan menyelesaikan tugas yang terdiri dari 4 pertanyaan yang membahas pandangan tentang pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD yang mempengaruhi proses pendidikan serta pembelajaran dan membahas tentang kesiapan mengajar dengan memperhatikan pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD pada peserta didik. Hasil kolaborasi ini yang nantinya jika ada kesempatan akan dipresentasikan di sesi demonstrasi kontekstual. Hasil kolaborasi dapat dilihat disini -> Kelompok 5 - Ruang Kolaborasi Topik 5 PSDPI
4. Demonstrasi Kontekstual
Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan dan diri sendiri)?
Melalui demonstrasi kontekstual, saya memperoleh pengalaman berharga dalam kerja tim dan penerapan konsep dalam situasi praktis. Bersama dengan rekan-rekan, kami bekerja sama menyelesaikan tugas yang terdiri dari empat pertanyaan, kemudian mengubahnya menjadi presentasi audio visual untuk mendalami pemahaman materi sambil mengembangkan keterampilan komunikasi dan kreativitas. Dengan membagi tugas dan mendengarkan sumbangan dari setiap anggota tim, kami belajar menghargai keberagaman pandangan dan memperkaya gagasan satu sama lain. Proses ini juga memperkuat pemahaman konsep-konsep yang telah kami pelajari dengan menerapkannya dalam konteks praktis, memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang topik tersebut. Hasil kegiatan demonstrasi kontekstual dapat dilihat disini ->
5. Elaborasi Pemahaman
Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?
Saya telah mempelajari bahwa pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD (Zona Perkembangan Proksimal) adalah tentang mendukung siswa dalam mencapai potensi belajar mereka yang optimal dengan memberikan bantuan yang sesuai dengan tingkat kemampuan mereka. Ini melibatkan penggunaan instruksi diferensial, dukungan individual, dan pemahaman mendalam tentang kemampuan serta kebutuhan belajar siswa.
Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?
Sejak awal, pemahaman saya tentang pendekatan ini telah berkembang. Saya semakin menyadari bahwa penerapan scaffolding pada ZPD tidak hanya melibatkan memberikan bantuan atau dukungan kepada siswa, tetapi juga tentang memberdayakan mereka untuk menjadi lebih mandiri dalam proses pembelajaran mereka. Saya juga lebih memahami pentingnya penyesuaian instruksi dan materi pembelajaran sesuai dengan tingkat pemahaman dan kemampuan siswa.
Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?
Saya ingin lebih memahami tentang strategi konkret yang dapat digunakan untuk menerapkan scaffolding pada ZPD dalam praktik kelas. Saya juga tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang studi kasus atau contoh aplikasi nyata dari pendekatan ini dalam berbagai konteks pembelajaran.
6. Koneksi Antar Materi
Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?
Pada bagian koneksi antar materi, saya telah berusaha mengkoneksikan topik 5 ini dengan mata kuliah yang telah dipelajari, topik yang sedang dipelajari dan topik yang akan dipelajari dari mata kuliah lain. Berikut uraian peta konsep sebagai bentuk pemahaman saya.
7. Aksi Nyata
Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?
Pembelajaran menggunakan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran sebagai scaffolding pada ZPD memberi manfaat besar bagi kesiapan saya sebagai guru. Ini memungkinkan saya untuk lebih memahami kebutuhan individual setiap siswa dan memberikan dukungan yang sesuai untuk membantu mereka mencapai potensi maksimal mereka dalam pembelajaran.
Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?
Saat ini, saya akan menilai kesiapan saya sekitar 7. Saya sudah memahami konsep dasar tentang scaffolding pada ZPD dan bagaimana menerapkannya dalam pengajaran, namun masih perlu pengalaman praktis dan latihan lebih lanjut untuk menjadi lebih mahir dalam menerapkannya secara efektif dalam kelas.
Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?
Untuk bisa menerapkannya dengan optimal, saya perlu mempersiapkan lebih banyak strategi dan teknik pembelajaran yang sesuai dengan ZPD siswa, serta terus meningkatkan kemampuan saya dalam mengamati dan merespons kebutuhan individual mereka. Selain itu, saya juga perlu meningkatkan keterampilan kolaborasi dengan sesama guru dan mendapatkan masukan serta umpan balik dari mereka untuk terus memperbaiki praktik pengajaran saya.
Komentar
Posting Komentar