REFLEKSI
TOPIK 6:
"ISU-ISU PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DALAM PERSPEKTIF SOSIAL, BUDAYA, EKONOMI DAN POLITIK"
oleh: Avizah Bin Hamzah, S.Pd.
1. Mulai Dari Diri
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Sebelum memulai proses pembelajaran tentang topik ini, saya akan memikirkan berbagai aspek yang mungkin terlibat dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dari sudut pandang sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Saya berpikir bahwa topik ini akan membawa diskusi yang luas dan kompleks, karena pendidikan adalah salah satu pilar utama dalam masyarakat yang sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik.
2. Eksplorasi Konsep
Apa yang Anda pelajari dari konsep dalam topik 2 ini?
Dari topik ini, saya mempelajari konsep bahwa pendidikan dan pembelajaran tidak dapat dipisahkan dari realitas sosial, budaya, ekonomi, dan politik di mana mereka beroperasi. Sistem pendidikan bukanlah entitas yang terisolasi; sebaliknya, mereka terjalin erat dengan struktur dan dinamika masyarakat tempat mereka berada. Saya juga memahami betapa pentingnya mengakomodasi keberagaman budaya dalam konteks pembelajaran, serta perlunya kesadaran akan ketimpangan ekonomi yang dapat mempengaruhi akses dan kualitas pendidikan. Selain itu, saya belajar bahwa politik memainkan peran kunci dalam penetapan kebijakan pendidikan, dan bagaimana keputusan politik dapat memengaruhi dinamika di dalam kelas dan di seluruh sistem pendidikan secara keseluruhan. Dengan demikian, pemahaman yang komprehensif tentang isu-isu sosial, budaya, ekonomi, dan politik menjadi kunci untuk meningkatkan kualitas dan inklusivitas pendidikan di semua tingkatan.
3. Ruang Kolaborasi
Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Yang saya pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan saya dalam ruang kolaborasi adalah berbagi hasil refleksi dan menyelesaikan tugas yang terdiri dari 4 pertanyaan yang membahas pandangan tentang isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budayaa, ekonomi dan politik dan membahas tentang kesiapan mengajar dengan memperhatikan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budayaa, ekonomi dan politik pada peserta didik. Hasil kolaborasi ini yang nantinya jika ada kesempatan akan dipresentasikan di sesi demonstrasi kontekstual. Hasil kolaborasi dapat dilihat disini -> Kelompok 5 - Ruang Kolaborasi Topik 6 PSDPI
4. Demonstrasi Kontekstual
Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan dan diri sendiri)?
Melalui demonstrasi kontekstual, saya memperoleh pengalaman berharga dalam kerja tim dan penerapan konsep dalam situasi praktis. Bersama dengan rekan-rekan, kami bekerja sama menyelesaikan tugas yang terdiri dari empat pertanyaan, kemudian mengubahnya menjadi presentasi audio visual untuk mendalami pemahaman materi sambil mengembangkan keterampilan komunikasi dan kreativitas. Dengan membagi tugas dan mendengarkan sumbangan dari setiap anggota tim, kami belajar menghargai keberagaman pandangan dan memperkaya gagasan satu sama lain. Proses ini juga memperkuat pemahaman konsep-konsep yang telah kami pelajari dengan menerapkannya dalam konteks praktis, memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang topik tersebut. Hasil kegiatan demonstrasi kontekstual dapat dilihat disini ->
5. Elaborasi Pemahaman
Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?
Saya telah mempelajari bahwa topik ini membahas isu-isu yang terkait dengan penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah, dilihat dari berbagai sudut pandang seperti sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Ini termasuk pertimbangan tentang bagaimana faktor-faktor ini memengaruhi proses pendidikan, kebijakan sekolah, dinamika kelas, serta interaksi antara siswa, guru, dan lingkungan sekolah secara umum.
Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?
Sebelumnya, saya memahami bahwa pendidikan tidak hanya dipengaruhi oleh faktor-faktor internal di dalam sekolah, tetapi juga oleh faktor-faktor eksternal seperti budaya, politik, dan ekonomi. Namun, selama pembelajaran, saya menyadari betapa kompleksnya interaksi antara faktor-faktor ini dan bagaimana mereka saling memengaruhi secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu, saya juga memahami bahwa upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan perlu memperhatikan semua aspek ini secara menyeluruh.
Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?
Saya ingin memahami lebih dalam tentang bagaimana kebijakan pendidikan dapat dibentuk dan diimplementasikan untuk mempromosikan inklusivitas, kesetaraan, dan keadilan dalam sistem pendidikan, dengan memperhatikan dinamika sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang ada.
6. Koneksi Antar Materi
Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?
Pada bagian koneksi antar materi, saya telah berusaha mengkoneksikan topik 6 ini dengan mata kuliah yang telah dipelajari, topik yang sedang dipelajari dan topik yang akan dipelajari dari mata kuliah lain. Berikut uraian peta konsep sebagai bentuk pemahaman saya.
7. Aksi Nyata
Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?
Pembelajaran mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik akan memberi saya pemahaman yang lebih mendalam tentang konteks yang memengaruhi proses pendidikan. Ini akan membantu saya sebagai guru untuk lebih sensitif terhadap berbagai faktor yang memengaruhi siswa dan pembelajaran mereka, sehingga saya dapat merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dan relevan.
Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?
Saya akan memberi diri saya skor 7 untuk kesiapan saya saat ini. Alasannya, saya telah mempelajari beberapa aspek dari isu-isu tersebut, tetapi masih perlu untuk terus memperdalam pemahaman saya dan mengintegrasikan pengetahuan ini ke dalam praktik pengajaran saya secara lebih konsisten.
Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?
Untuk bisa menerapkannya dengan optimal, saya perlu melakukan beberapa hal. Pertama, saya perlu terus mengikuti perkembangan terkini dalam isu-isu sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang memengaruhi pendidikan. Ini bisa dilakukan melalui membaca literatur terbaru, mengikuti seminar atau lokakarya, dan berpartisipasi dalam diskusi dengan sesama pendidik. Selain itu, saya juga perlu mengembangkan keterampilan analisis yang lebih baik agar dapat memahami implikasi isu-isu tersebut terhadap pembelajaran di kelas. Terakhir, saya harus terbuka untuk belajar dari pengalaman dan umpan balik, serta bersedia untuk terus mengadaptasi praktik pengajaran saya sesuai dengan kebutuhan dan konteks yang terus berubah.
Komentar
Posting Komentar