REFLEKSI
TOPIK 3:
"PERSPEKTIF SOSIAL, BUDAYA, EKONOMI DAN POLITIK DALAM PEMBELAJARAN"
oleh: Avizah Bin Hamzah, S.Pd.
1. Mulai Dari Diri
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Sebelum memulai proses pembelajaran tentang "Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi dan Politik dalam Pembelajaran" saya menganggap topik ini sangat penting karena mencakup berbagai aspek yang relevan dengan konteks pendidikan saat ini. Saya memperkirakan bahwa topik ini akan membantu saya memahami bagaimana faktor-faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik memengaruhi proses pembelajaran dan pengajaran di kelas. Saya juga berharap topik ini akan memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana menyesuaikan praktik pengajaran dengan kebutuhan dan latar belakang siswa secara lebih efektif.
2. Eksplorasi Konsep
Apa yang Anda pelajari dari konsep dalam topik 3 ini?
Saya telah mendapatkan wawasan baru dari topik 3 ini, diantaranya:
- Apa itu "kelas" dan cara kerjanya dalam pembelajaran
- Relevansi struktur sosial dalam semua aktivitas manusia
- Keinginan, emosi, motif semuanya diproduksi di dalam dan melalui sistem hubungan sosial, seperti halnya proses kognitif
- Pendidik harus lebih memperhitungkan dimensi sosial di sekolah, dan tempat untuk fokus adalah pada hubungan sosial antara siswa dan guru.
- Pendekatan sosiokultural untuk belajar memberikan pertimbangan yang lebih besar juga untuk konsepsi sosial pelajar dan hubungan belajar jika teori pembelajaran yang memadai sepenuhnya.
3. Ruang Kolaborasi
Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Yang saya pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan saya dalam ruang kolaborasi adalah berbagi hasil refleksi dan menyelesaikan tugas yang terdiri dari 4 pertanyaan yang nantinya jika ada kesempatan akan dipresentasikan di sesi demonstrasi kontekstual. Hasil kolaborasi dapat dilihat disini -> Kelompok 5 - Ruang Kolaborasi Topik 3 PSDPI
4. Demonstrasi Kontekstual
Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan dan diri sendiri)?
Proses demonstrasi kontekstual memberikan pengalaman berharga dalam kolaborasi tim dan penerapan konsep dalam situasi nyata. Melalui kerja sama dalam menyelesaikan tugas yang terdiri dari empat pertanyaan dan mengubahnya menjadi presentasi audio visual, kami memperdalam pemahaman materi sambil mengembangkan keterampilan komunikasi dan kreativitas. Dengan membagi tugas dan mendengarkan kontribusi dari setiap anggota, kami belajar untuk menghargai keragaman pandangan serta memperkaya gagasan satu sama lain. Selain itu, proses ini memperkuat pemahaman konsep-konsep yang telah dipelajari dengan menerapkannya dalam konteks praktis, memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang topik ini. Hasil kegiatan demonstrasi kontekstual dapat dilihat disini ->
5. Elaborasi Pemahaman
Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?
Hingga saat ini, saya telah memahami bahwa perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik memiliki peran penting dalam proses pembelajaran, memengaruhi interaksi antara guru dan siswa, serta membentuk konteks belajar yang kompleks.
Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?
Hal baru yang saya pahami adalah kedalaman pengaruh faktor-faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pengaturan pembelajaran, serta betapa pentingnya memperhitungkan aspek-aspek ini dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.
Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?
Saya ingin mempelajari lebih lanjut tentang strategi konkret untuk mengintegrasikan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik ke dalam praktik pengajaran sehari-hari, serta bagaimana cara mengelola tantangan yang mungkin timbul dalam konteks ini.
6. Koneksi Antar Materi
Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?
Pada bagian koneksi antar materi, saya telah berusaha mengkoneksikan topik 3 ini dengan mata kuliah yang telah dipelajari, topik yang sedang dipelajari dan topik yang akan dipelajari dari mata kuliah lain. Berikut uraian peta konsep sebagai bentuk pemahaman saya.
7. Aksi Nyata
Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?
Pembelajaran ini memberikan manfaat besar bagi kesiapan saya sebagai guru karena memungkinkan saya memahami bagaimana faktor-faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik memengaruhi proses pembelajaran, sehingga saya dapat merancang pembelajaran yang lebih relevan dan efektif bagi siswa.
Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?
Saat ini, saya menilai kesiapan saya sekitar 7. Alasannya adalah karena saya telah mempelajari konsep dasar tetapi masih perlu lebih banyak praktik dan pengalaman langsung dalam menerapkan pengetahuan ini dalam situasi pembelajaran nyata.
Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?
Untuk bisa menerapkannya dengan optimal, saya perlu lebih banyak latihan dalam merancang pembelajaran yang memperhitungkan aspek-aspek sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Saya juga perlu terus mengembangkan pemahaman saya tentang dinamika interaksi sosial di kelas dan bagaimana mengintegrasikan konteks sosial ke dalam rencana pembelajaran.
Komentar
Posting Komentar